Senin, 23 Februari 2009

Tes Wawancara

Jakarta, SMP Kolese Kanisius, CN. Dari tahun ke tahun, PSB SMP Kolese Kanisius selalu mengalami perubahan. Tetapi pada PSB kali ini ada sebuah perbedaan yang sangat mencolok yaitu diadakannya tes wawancara. Semua siswa yang telah lulus tes tahap pertama ( tes tertulis ), yang berjumlah 200 siswa, akan kembali diuji dengan tes wawancara ini.
Tes wawancara ini dibagi dalam 2 ruangan. Dan di tiap ruangan akan ada 3-4 orang penguji yang terdiri dari 1 pater dan beberapa guru. Guru-guru tersebut adalah Pak Mursito, Pak Topo, Pak Trihandoko, Pak Wiyono, dan Ibu Ika. Sebelum di tes setiap siswa diwajibkan untuk menunggu di ruang perpustakaan sampai mereka dipanggil oleh salah satu anggota pramuka.Tes wawancara ini bertujuan agar pihak sekolah (khususnya Pater) dapat mengenal pribadi dari calon-calon siswa secara konkrit, karena pada tahun-tahun sebelumnya sekolah hanya mengetahui calon siswa dari nilai rapor. Selain pribadi siswa, sekolah juga berusaha untuk mengenal orang tua siswa, apakah mereka mendukung anak-anak merekaagar dapat masuk ke SMP CC. Semua hal ini dapat dikatakan, agar sekolah dapat memilih calon siswa yang lebih baik. Agar hal ini dapat terlaksana maka, di dalam tes ini siswa diuji motivasinya untuk masuk ke SMP CC, kepercayaan diri mereka , juga cara mereka berbicara di depan orang.

Tes wawancara, merupakan tes baru yang diadakan dalam PSB 2009-2010. Tes ini diadakan karena sekolah telah belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yaitu bahwa siswa-siswa pada tahun-tahun sebelumnya kurang tersaring dengan baik.Tes kali ini memang boleh dikatakan sangat ketat, karena banyak calon siswa yang mengakui bahwa saat mereka diwawancarai, perasaan mereka sangat tegang / “deg-deggan”. Tetapi mereka juga mengakui bahwa mereka tetap berjuang dengan melakukan banyak persiapan dengan berlatih di rumah. Tetapi bukan berarti menghafal, karena ini merupakan tes wawancara dan wawancara itu butuh komunikasi yang baik. Dan kita juga tidak tahu pertanyaan-pertanyaan apa yang akan mereka (para penguji) memberikan kepada kita.(ADT, LCS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar